Dapodikdasmen 2017: Jelang Rilis Aplikasi dapodik 2017.d

Dapodikdasmen 2017: Jelang Rilis Aplikasi dapodik 2017.d

Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, semua stakeholder sekolah kembali berbenah untuk menyambut kedatangan siswa-siswi yang baru, sekaligus mematangkan kembali perencanaan program sekolah, “yang ada supaya terus diperbaiki, dan yang belum tentu harus berinovasi.

Di sisi lain seiring dengan proses kenaikan kelas, hal ini pertanda bahwa Sebuah pekerjaan besar kembali terus berulang setiap tahunnya secara periodik.

Untuk itu, proses pendataan pendidikan dalam progres perkembangannya harus terus diupayakan baik dari segi kualitas maupun kuantitas data. Oleh karenanya pergantian tahun ajaran baru juga merupakan momen penting bagi pendataan Dapodik

Untuk memperlancar semua aktifitas pendataan pendidikan oleh operator dapodik, pihak dirjen dikdasmen senantiasa melakukan pembaruan aplikasi dari tahun ke tahun agar lebih efektif dan professional dalam penggunaanya.

Dalam waktu yang bersamaan, sejumlah operator di seluruh tanah air juga terus memperbaiki skil dalam melaksanakan tugasnya agar lebih mahir dan bertanggung jawab dalam proses penginputan data.

Secara otodidak maupun tidak, mau tidak mau seluruh operator pendataan harus berusaha menyesuiakan regulasi baru yang hampir setiap tahun diterbitkan oleh dirjen dikdasmen, melalui panduan-panduan terntentu.

Kita baru saja mengakhiri tahun ajaran. Beberapa hal penting terkait dengan persiapan pendataan pendidikan di tahun ajaran 2017/2018, menjelang rilis aplikasi pendataan yang baru:

  1. Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi 2017c Sampai Dengan Tanggal 30 Juni 2017
    Operator Dapodik agar segera menyelesaikan input data nilai Rapor dan melakukan sinkronisasi sebelum tanggal 30 Juni 2017 pukul 23.59 WIB. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor: 3623/D.D1/TU/2017 tentang Perpanjangan Batas Waktu Pengisian Nilai Rapor di Dapodik bahwa tenggat waktu pengisian nilai rapor dilanjutkan hingga tanggal 30 Juni 2017.
  2. Server Dapodikdasmen akan OFF Mulai Tanggal 30 Juni 2017
    Sehubungan akan dilakukannya maintenance rutin pada Server Dapodikdasmen, maka server akan down mulai tanggal 30 Juni 2017 pukul 00.00 WIB. Sekolah TIDAK DIIZINKAN melakukan sinkronisasi.
  3. Proses Kelulusan dan Input Data Siswa Baru dilakukan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d
    Pada saat ini tengah dilakukan pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017.d yang dipersiapkan untuk pemutakhiran data di Tahun Pelajaran 2017/2018. Maka proses periodical berupa proses meluluskan siswa tahun pelajaran 2016/2017, proses kenaikan kelas, dan proses memasukkan data siswa baru tahun pelaran 2017/2018 dilakukan setelah versi baru ini dirilis.
  4. Tunggu Pengumuman Resmi Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d
    Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017.d akan dirilis secara resmi di awal tahun pelajaran 2017/2018 dan akan diumumkan secara resmi pada laman: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Rilisnya versi baru ini sekaligus menandai mulai beroperasinya server Dapodikdasmen secara normal dan proses sinkronisasi dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d dapat dilakukan.
  5. Gunakan Formulir F-PD untuk mendukung PPDB 
    Aplikasi Dapodikdasmen telah menyediakan Formulir F-PD untuk menjaring data awal Peserta Didik. Formulir F-PD merupakan instrumen pendataan untuk mengefektifkan proses penjaringan data awal dan proses input data pada Aplikasi Dapodik

Sehubungan dengan informasi di atas, kutipan resmi kami dapatkan dari website resmi dapodikdasemen melaluli link berikut

dapodikdasmen

1456total visits,1visits today

Leave a Reply