Hanya Butuh Lima Langkah Untuk Membuat Akun Dapodik 2018!

Hanya Butuh Lima Langkah Untuk Membuat Akun Dapodik 2018!

Bapak dan ibu guru serta para operator di seluruh tanah air.
Memasuki awal tahun 2018, seluruh stakeholder pendidikan mutlak harus beradapatasi dengan berbagai perubahan terkait dengan proses pendataan pendidikan. Walaupun tugas pendataan ada di pundak operator dapodik, namun tidak ada salahnya semua langkah dan proses/alur pendataan pendidikan wajib diketahui oleh seluruh aparatur sipil di sekolah, baik yang berstatus PNS maupun tenaga honorer.

Semua warga sekolah mulai dari siswa, guru, kepala sekolah, hingga tenaga kependidikan lainnya harus bisa beradapatasi dengan informasi proses pendataan dapodik.
Jika tidak, maka bisa saja proses pendataan akan pincang atau bisa saja akan berpengaruh pada kualitas data yang dikirim ke pusat.

Dan ternyata semua bisa mengakses masuk ke aplikasi dapodik, Namun ada batasan-batasan menu yang bisa diakses. Contohnya saja bagi siswa yang mengakses dapodik, maka menu yang bisa diutak-atik itu hanya menyangkut perubahan biodata.

Untuk bisa mengakses dapodik, kita harus punya akun dapodik yang digunakan untuk login, terdiri atas username dan password. Adalah tugas operatorlah yang akan membuat akun yang dimaksud.

Bagi para operator, untuk membuat akun dapodik tidaklah susah, hanya butuh 5 langkah. Setelah anda berhasil login, cukup dengan 5 langkah berikut, anda sudah bisa membuat satu akun dapodik untuk satu user. Dan kita contohkan di sini adalah akun guru.

Pertama Buka menu GTK lalul pilih menu guru

Kedua Pilih salah satu guru yang akan dibuatkan akun dapodiknya

Ketiga Pilih penugasan

Keempat Setelah terbuka menu penugasan PTK, buat akun PTK dengan mengklik tombol di bawahnya

Kelima Masukkan Password (sebaiknya kombinasi huruf dan angka), konfirmasi lalu simpan

Dengan adanya akun dapodik yang baru dibuat tadi, maka guru yang bersangkutan bisa login ke dapodik dengan menggunakan username dan password, dan tentu ini akan sangat membantu tugas operator terutama dalam penginputan nilai siswa di akhir tahun ajaran 2017/2018

Demikian semoga dapat membantu

1788total visits,1visits today

Leave a Reply