Mulai Tahun 2018/2019 Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online Bersifat Wajib

Mulai Tahun 2018/2019 Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan Online Bersifat Wajib

Mulai tahun ajaran 2018/2019 DHGTK online bersifat wajib. DHGTK merupakan aplikasi Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang akan digunakan untuk mencatatkan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri maupun sekolah swasta seluruh Indonesia.

Kehadiran guru diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja guru sebagai pegawai yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja dalam 1 (satu) minggu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Proses pencatatan data kehadiran dilakukan online, menggunakan aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang terdapat pada situs http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. untuk itu syarat utama yang harus terpenuhi oleh sekolah adalah adanya koneksi internet.

Karena padatnya server maka sekolah bisa memilih link alternatif untuk mengakses absen kehadiran guru secara online di beberapa indeks protokol atau IP berikut ini:

Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi. Dengan demikian tidak ada lagi pemberkasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai kewenangannya terkait dengan penyaluran TP Guru PNSD

Penyaluran TP dapat dipantau melalui aplikasi SIM-Bar berbasis android yang dapat diakses oleh para pemangku kepentingan pendidikan. Aplikasi SIM-Bar akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Proses pencatatan kehadiran di aplikasi DHGTK bisa disetorkan harian, mingguan, atau juga bisa dicatatakan berdasarkan akumulasi bulanan. Bagi sekolah-sekolah yang koneksi internetnya lancar, pencatatan kehadiran sebaiknya dilakukan setiap hari secara berkala, agar lebih mudah dan efektif. Dampak dengan adanya pencatatan sistem kehadiran semacam ini, akan sangat dirasakan penting untuk guru-guru yang sudah disertifikasi. Karena DHGTK akan memberikan deskripsi kehadiran guru sertifikasi secara berkala kepada pihak terkait, sebagai data bahan pertimbangan pencairan dana sertifikasi setiap triwulan.

Dengan apliksi ini, akurasi data diasumsikan bisa dijamin valid, karena data kehadiran diisi atasan langsung guru yang bersangkutan yaitu kepala sekolah. Kepala sekolah juga bisa merekomendasikan kewenangannya kepada operator sekolah untuk mencatatkan kehadiran guru & tenaga kependidikan di sekolahnya.

Untuk mengakses DHGTK, boleh melalui akun userid kepala sekolah, boleh juga melalui akun userid operator dapodik. Tentunya harus melakukan login aplikasi terlebih dahulu dan harus dilakukan secara online (terkoneksi internet). Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud).

Jika ingin melakukan perubahan userid dan password, melalui operator dapodik bisa melakukannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.

Semua hal yang berkaitan dengan proses pengimputan data kehadiran, oleh Dirjen GTK telah dibuatkan petunjuknya agar tidak ada lagi sekolah-sekolah yang kebingungan dalam mengoperasikan aplikasi ini yang bisa diunduh pada tautan di bawah

Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera mengambil kebijakan seperti berikut:

  • Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online
  • Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
  • Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
  • Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK.
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK.
  • Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari

Sementara itu, selain kepala sekolah, petugas absen harus berperan dan bertanggung jawab setidaknya pada hal-hal berikut:

  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

Inilah beberapa gambaran penting tentang keberadaan DHGTK. Tentu ini merupakan tugas dan kewajiban sekolah yang prosesnya terbilang baru karena dilakukan secara online. Yaitu mencatatkan kehadiran guru secara online dan berkala setiap hari dalam seminggu dan setiap bulan dalam satu semester. Demikian, semoga dapat membantu!

Download Petunjuk Penggunaan DHGTK

19400total visits,10visits today

Leave a Reply