Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Mengisi Halaman Belakang Ijazah SMK 2017/2018

Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Mengisi Halaman Belakang Ijazah SMK 2017/2018

Bapak Ibu Guru SMK yang ada di seluruh tanah air, tak terasa kita semua sudah meniggalkan tahun Ajaran 2017/2018 untuk selanjutnya akan memulai babak baru dalam kalender pendidikan yaitu tahun Ajaran 2018/2019. Tentu sebelum memasuki tahun ajaran yang baru ini, semua urusan yang menyangkut kepentingan siswa di tahun ajaran sebelumnya harus dituntaskan, dimana ada agenda terkahir yang sangat penting di penghujung tahun ajaran tak lain adalah Ujian Nasional (UN).

Kurang lebih sebulan setelah melaksanakan agenda nasional ini, setiap sekolah di seluruh tanah air, ramai-ramai menerima hasil UN dalam bentuk deskripsi nilai UN. Ada yang menyambutnya dengan gembira karena ketercapaian kompetensi yang memuaskan, ada pula yang sebaliknya.

Siswa yang tidak bisa mengikuti UN, maka secara otomatis siswa tersebut belum bisa diluluskan dari satuan pendidikan dimana siswa tersebut berada.

Sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan siswa menyelesaikan studi selama 3 tahun di sekolah, maka melalui sekolah yang bersangkutan, para siswa/alumni wajib mendapatkan ijazah. Ini kemudian yang akan menjadi dasar siswa untuk bisa berkompetisi di jenjang pendidikan selanjutnya.

Menulis ijazah oleh pihak sekolah bukan merupakan hal baru. Namun terkadang pekerjaan ini perlu kehati-hatian yang sangat tinggi, dan butuh tenaga penulis yang bisa berkonsentrasi dalam hal menulis sebuah dokumen penting. Hal ini mengingat ketersediaan stok blangko ijazah yang terbatas sesuai dengan jumlah siswa yang mengikuti UN.

Merujuk Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 016/H/EP/2018 tanggal 5 Maret 2018 tentang Bentuk, Spesifikasi, dan Pengisian Blanko Ijazah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018, Direktorat Pembinaan SMK menyusun Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Blangko ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik, yaitu halaman depan dan halaman belakang. Halaman depan memuat identitas pemegang ijazah dan pernyataan kelulusan sedangkan halaman belakang memuat daftar mata pelajaran dan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian sekolah

Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 disusun sebagai acuan SMK dalam mencetak halaman belakang ijazah serta cara mengisi ijazah berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013

Dalam tulisan kali ini, akan dipaparkan bagaimana petunjuk khusus pencetakan dan pengisian halaman belakang ijazah agar tidak keliru fatal dalam proses menulis hingga dalam mencetak

  1. Halaman belakang dicetak pada kertas A4 dengan ukuran margin top 0,3” atau 0,76 cm; bottom 0” atau 0 cm; left 0,79” 2,01 cm; right 0,79” atau 2,01 cm.
  2. Lakukan uji coba pada fotokopi blanko ijazah atau kertas kosong dengan ketebalan/gramatur yang relatif sama.
  3. Pastikan printer/mesin cetak mampu menangani kertas dengan ketebalan/gramatur 155 gram/m2
  4. Langkah-langkah dalam mencetak halaman belakang ijazah:
    Langkah-langkah
    • Pilih jenis kompetensi/paket keahlian yang sesuai dengan kurikulum (2006 atau 2013).
    • Buka file halaman belakang ijazah (format *.pdf) dan pastikan ukuran kertas pada file tersebut adalah A4.
    • Pastikan mata pelajaran-mata pelajaran yang tercantum dalam file sesuai dengan struktur kurikulum kompetensi/paket keahlian dimaksud.
    • Pastikan setting printer/mesin cetak pada ukuran kertas A4.
    • Pastikan blangko ijazah berada posisi yang sesuai
    • Pastikan halaman belakang ijazah yang akan dicetak berada pada sisi yang benar
    • Sesuaikan kuantitas pencetakan per-batch dengan daya tahan printer/mesin cetak.
  5. Blangko halaman belakang ijazah kosong berikut angka-angka dimaksud pada nomor berikut dapat dilihat sesuai gambar
    Contoh Halaman Belakang Ijazah Model KTSP
    Contoh Halaman Belakang Ijazah Model K13
  6. Angka 1 diisi dengan nama pemilik Ijazah menggunakan huruf (KAPITAL). Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
  7. Angka 2 diisi dengan tempat dan tanggal lahir pemilik Ijazah. Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
  8. Angka 3 diisi dengan nomor induk siswa pemilik Ijazah pada sekolah yang bersangkutan seperti tercantum pada buku induk.
  9. Angka 4 diisi dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) pemilik Ijazah. Nomor Induk Siswa Nasional terdiri atas 10 digit yaitu tiga digit pertama tentang tahun lahir pemilik Ijazah dan tujuh digit terakhir tentang nomor pemilik Ijazah yang diacak oleh sistem di Kemendikbud.
  10. Angka 5 terisi nama kompetensi keahlian untuk Kurikulum 2006 atau paket keahlian untuk Kurikulum 2013.
  11. Angka 6 diisi dengan Nilai Rata-rata Rapor (Baca : Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Rapor Halaman Belakang Ijazah SMK)
  12. Angka 7 diisi dengan Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tiap mata pelajaran. Khusus mata pelajaran yang diuji dengan ujian tertulis dan ujian praktik, nilai Ujian Sekolah dihitung berdasarkan rata-rata nilai ujian tertulis dan ujian praktik
  13. Khusus untuk mata pelajaran Kompetensi Kejuruan, Nilai Ujian Sekolah diperoleh dari
    (1) nilai Ujian Nasional mata pelajaran Teori Kejuruan untuk nilai ujian tertulis dan (2) nilai Uji Kompetensi Keahlian (UKK) praktik dan/atau konversi nilai Ujian Sertifikasi Kompetensi dengan komposisi 30% nilai UN teori kejuruan + 70% nilai UKK praktik.
  14. Rata-rata Rapor yang dimaksud pada nomor 6, dan Nilai Ujian Sekolah yang dimaksud pada nomor urut 7, ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0 – 100 (tanpa desimal).

Contoh pembulatan:

Nilai sebelum pembulatan Nilai setelah pembulatan
83,4 83
83,5 84
83,6 84

Demikian, Semoga Dapat Membantu!!

2495total visits,5visits today

Leave a Reply