Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Rapor Halaman Belakang Ijazah SMK

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Rapor Halaman Belakang Ijazah SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara khusus dikembangkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai tenaga terampil tingkat menengah. Lulusan SMK merupakan output dari sebuah proses pembelajaran dan evaluasi berbasis kompetensi (competency-based learning and assessment).

Di akhir fase, SMK akan melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang terintegrasi dengan agenda Ujian Nasional. Hasil UKK menjadi indikator ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan. Ijazah merupakan bentuk refleksi proses pembelajaran dan evaluasi berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh SMK. Ijazah sebagai surat atau keterangan tanda lulus dari satuan pendidikan harus mampu merefleksi kemampuan siswa selama 3 Tahun menempuh proses pendidikan di sekolah. Dalam hal penulisan dan penerbitan ijazah, ada regulasi dari pemerintah yang mengatur tentang itu. Sebelum diterima oleh siswa, awalnya ijazah hanya berupa blangko kosong yang perlu diisi dengan identitas siswa (Halaman Depan) dan rata-rata nilai rapor/nilai Ujian Sekolah (Halaman Belakang)

(Baca: Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Mengisi Halaman Belakang Ijazah SMK 2017/2018)

Halaman belakang memuat daftar mata pelajaran dan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian sekolah.

Ketentuan Nilai rata-rata rapor sebagai berikut:
1. Kurikulum 2006 (KTSP) Nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 6
2. Kurikulum 2013 (K13) Nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 6

Pada SMK yang menggunakan kurikulum 2013, untuk menghitung rata-rata nilai rapor suatu mata pelajaran dalam satu semester, bobot nilai pengetahuan dan nilai keterampilan ditentukan oleh guru mata pelajaran yang mengampu mata pelajaran tersebut dan berlaku seragam pada seluruh siswa yang diajarkannya.

Rata-rata Rapor dan nilai Ujian Sekolah ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang 0 – 100 (tanpa desimal).

Cara pengisian Nilai rata-rata rapor Kompetensi Kejuruan diperoleh dari jumlah ratarata nilai semester setiap standar kompetensi dibagi dengan jumlah seluruh kompetensi kejuruan. Contoh pengisian ditunjukkan pada tabel dan keterangan di bawah ini

Cara pengisian Nilai rata-rata rapor Kompetensi Kejuruan diperoleh dari jumlah rata-rata nilai semester setiap standar kompetensi dibagi dengan jumlah seluruh kompetensi kejuruan. Contoh pengisian ditunjukkan pada tabel dan keterangan di bawah ini.

selengkapnya bisa diunduh melalui dokumen berikut:

33433total visits,8visits today

Leave a Reply