Siapa Bilang Menjawab Tes CPNS Susah? Agar Efektif Berikut Ulasannya!

Siapa Bilang Menjawab Tes CPNS Susah? Agar Efektif Berikut Ulasannya!

Pada tulisan kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara menyelesaikan soal TES CPNS yang berhubungan dengan pada kata, agar efektif dalam menjawab, sehingga tidak ragu-ragu, dan lebih efisien terhadap kuota waktu tes. Biasanya bentuk soal semacam ini sudah jadi langganan tetap tes CPNS juga seleksi-seleksi lain, seperti SBMPTN, seleksi masuk POLRI, dan lain sebagainya.

Ada beberapa kategori soal yang dujikan dalam tes seleksi CPNS, diantaranya adalah pengetahuan umum, Antonim, Tata negara, Bakat skolastik, serta ada juga jenis tes yang berhubungan dengan padanan kata.

Kategori tes padanan kata, terlihat mudah, sederhana, kelihatan enteng, tapi membingungkan dalam menjawab. Untuk itu, butuh konsentrasi dan kemampuan analisa yang baik dan tepat, sehingga di dapat hasil jawaban yang sempurna dan memuaskan. Ini yang disebut dengan efektif dan efisien dalam menjawab soal/tes. Tentu ujung-ujungya ke passing grade. Lulus passing grade berarti masuk perengkingan. Selanjutnya tinggal nasib yang akan menetukan. Semakin besar peminat/pelamar, maka semakin ketat pula kompetisi. Sehingga akan berpengaruh pada hasil perengkingan.

Persaingan menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin ketat, memaksa setiap pelamar harus berusaha ekstra mempersiapkan diri, baik mental, wawasan serta kemampuan diri dalam menghadapi Tes CPNS yang merupakan indikator utama diterimanya seseorang sebagai calon Aparatur Sipil Negara.

Di satu sisi kredibilitas dan profesionalitas lembaga negara terkait, dalam hal ini BKN akan jadi jaminan selama tahapan pelaksanaan seleksi CPNS. Sehingga transparansi dan akuntabilitas adalah 2 hal yang harus diutamakan.

Jangan heran jika pelaksanaan tes CPNS dalam kurun waktu terkahir ini dinilai makin ketat. Yang paling nampak saat ini adalah perubahan teknis registrasi pendaftaran yang tepusat dan dilaksanakan secara online. Pelaksanaan Ujian tulis yang tadinya menggunakan kertas (Paper Base Test) beralih ke mode semi online dengan memanfaatkan fasilitas komputer. Sistem ini lebih akrab dengan sebutan CAT (Computer Assisted Test). Mekanisme seleksi ini mulai diterapkan menggantikan sistem penggunaan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Pendaftaran CPNS 2018 atau penerimaan CPNS 2018 sudah dibuka serentak sejak 19 September 2018. Ini berarti kompetisi sudah dimulai. Banyak yang tidak percaya diri dengan skill dalam menyelesaikan tes ujian, karena saking ketatnya nilai passing grade yang ditetapkan pemerintah.

Mengutip Kompas.com, ada 238.015 kuota PNS Tahun 2018 yang diperebutkan, baik di tingkat pusat atau daerah. Di tingkat pusat, penempatan akan dilakukan di 76 kementerian/lembaga

Kepanikan, membuat banyak dari para pelamar yang berburu buku-buku latihan soal di gerai atau toko-toko buku terdekat sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi waktu pelaksanaan tes.

Rutin menjawab soal-soal latihan, adalah solusi mengatasi kegalauan menghadapi saat-saat pelaksanaan tes. Memanfaatkan waktu sebisa mungkin untuk meningkatkan kompetensi dengan latihan dan simulasi, karena hanya melalui tes, impian menjadi ASN bisa terwujud.

Berikut akan ditampilkan 3 model soal Padanan Kata. Pelajari dan simak baik-baik, karena ada penjelasan dalam bentuk analisa padanan kata dan analisa kemungkinan jawaban.

Semoga ini bisa membantu saudara-saudara kita yang masih kesulitan dalam kemampuan menjawab soal terutama pada kategori padanan kata.

CONTOH SOAL 1
CONTOH SOAL 2
CONTOH SOAL 3

Selengkapnya bisa dilihat melalui video tutorial channel youtube zonedu dotID berikut ini:

1374total visits,6visits today

Leave a Reply